Friday 5 January 2018

Mengejar Bayang-Bayang Dan Kemana Aku Akan Pulang (2)

Sebut saja ini adalah kisah seseorang yang sampai detik ini mencari jati dirinya, seseorang yang tersesat di suatu malam yang sunyi, berjalan sendiri di saat udara begitu dingin, tak ada seorangpun yang berani keluar rumah kecuali dia, yang terlihat hanya jendela tertutup rapat dan lampu pijar benderang. 

Aku tidak tahu akan memulai cerita ini darimana, entahlah aku tidak tahu kata pengantar yang tepat untuk memulai kisah ini. Setiap orang dalam hidup ini pasti memiliki mimpi, begitupun aku, dan orang-orang sekitarku. Baik, tanpa mukadimah yang panjang, aku ingin mulai saja cerita bersajak ini, apa kau tau maksud nya mengejar bayang-bayang?.

Sebenarnya ini hanyalah kisah klasik yang sering dialami anak-anak SMA yang memiliki cita-cita yang tinggi dan ingin membuat bangga keluarganya, ataupun orang lain disekitarnya. 

"Wah si tetangga masuk SMA favorit, mungkin saja aku bisa ... ", 

Yup takdir terus melaju mengantarkanku pada apa yang kau pikirkan, kau menggerakan setir kehidupan ke arah sana, kau meninggalkan teman-teman smp dan bertemu orang-orang baru. Tak mengapa, kau ingin sedikit lebih maju, pikirmu. Kehidupanpun berjalan damai.

Para alumni dari universitas datang, mengenakan jaket almamaternya dan siap membuatmu jadi pemimpi berikutnya.

"Wah keren sekali, kampusnya yang bergengsi, andai aku dapat berkuliah disana juga ya?", 

Kau kembali bermimpi, dan mengusahakan dengan apa yang kau lihat. Jika kehidupan ini adalah sebuah perjalanan, dan kau mengendarai dirimu. Lagi-lagi keinginanmu terwujud, entah ini permainan takdir, atau hanya keberuntungan semata. 

Kehidupanpun terus melaju, dan kau pun tak ingin diam, terus melaju dan seiring berjalannya waktu kau terus bergerak maju dengan setir kehidupanmu mengikuti bayang-bayang yang kau tuju. Sampai bayang-bayang yang kau ikutipun hilang. Dan kau terhenti, kau kembali sadar, mengapa selama ini mengejar bayang-bayang, walaupun kau mengedalikan setir hidupmu, tapi bukan kau yang menentukan arahnya, kau hanya mengikuti bayang-bayang.

Yup, bayang-bayang itu menuntun alam bawah sadarmu. Apa ini permainan takdir, ataukah hanya sekedar konsekuensi logis dari tindakan dan keputusan yang telah kau lakukan belakangan ini. Benar ataupun salah dengan yang telah terjadi, tak mengapa, ini semua hanyalah mengenai pilihan hidup, mencoba dan terus mencoba, dan biarkan takdir yang membenturkan diri ini, yup percayalah takdir akan pelan-pelan membimbingmu pulang, walau kau jauh tersesat setelah berjalan ribuan kilometer mengejar bayang-bayang.









No comments:

Post a Comment