Friday 9 February 2018

Jurusan Teknik Sipil Itu Apa Sih??

Akhirnya saya memutuskan untuk membahas tentang jurusan teknik sipil ini, yaitu jurusan yang saya geluti selama 4 tahun perkuliahan. Saya memutuskan menulis ini banyak banget anak-anak SMA yang nge dm saya di instragram, dan sulit menjawab 1 per 1, lebih baik saya tulis saja 1 postingan ini yang linknya dapat saya forward. 

Apa sih sejarah Teknik Sipil?

Sipil = Umum, apa yang bisa di tangkap dari defenisi kata ini?? Teknik Sipil adalah jurusan teknik tertua di dunia, bahkan juga di Indonesia. Teknik sipil adalah teknik yang mempelajari infrastruktur untuk masyarakat umum. Teknik Sipil berawal dari kurikulum teknik militer, dimana saat itu terjadi peperangan dan sangat dibutuhkan untuk membuat jalan, jembatan atau infrastruktur. Nah akhirnya Teknik Sipil memisahkan diri menjadi independen sebuah jurusan teknik.

Di Teknik Sipil Belajar Apa?

Teknik Sipil terdapat 5 kelompok keahlian
1. Struktur

Di buat menggunakan SAP2000

Di kelompok keahlian ini kita belajar tentang prilaku struktur dan desain struktur. Struktur Jembatan, Struktur Gedung Bertingkat, dan lain-lain. Apa aja sih mata kuliahnya? Statika, Mekanika Bahan, Rekayasa Bahan, Analisis Struktur 1, Analisis Struktur II, Beton 1, beton 2, Baja, Kayu, Beton Prategang, Rekayasa Struktur dan lain-lain. Selama kuliah tugas besarnya ngapain aja?? Kita pernah membuat desain ruko, dan gedung perkantoran tahan gempa dengan sistem ganda (SPRMK + dinding geser).

Praktikumnya ngapain aja? di mata kuliah rekayasa bahan kita belajar sendiri loh bikin beton dengan tangan sendiri, dan merencakan sendiri hitungan mutu beton tersebut, misalnya kita mau beton mutu 35 fc', nah komposisi berapa air, semen, agregat kasar, agregat halus, kadar air, dan sebagainya kita hitung dari hasil praktikum. trus kita aduklah campuran tersebut di molen, setelah itu dimasukan ke cetakan dalam silinder. Setelah satu hari keras, kita lakukan perawatan dengan cara di rendam dalam kolam ai, lalu dilakukan test kekuatan dengan mesin UTM untuk mengetahui tegangan dan regangan beton tersebut dan untuk mengetahui berapa fc' nya hingga 28 hari, kemudian di bandingkan dengan desain, lalu dibuatlah analisisnya. Nah kita juga ada praktikum baja, dan praktikum kayu.

2. Geoteknik

Dibuat dengan Sketch Up

Di bidang Geoteknik ini kita belajar tentang tanah (perbaikan tanah), dan desain sub struktur seperti dinding penahan tanah, pondasi, pile cap, tie beam. Mata kuliahnya apa aja??, mekanika tanah,  rekayasa pondasi, dinding penahan tanah, dinamikan tanah dan rekayasa gempa (menarik nih, disini kita belajar tentang gempa lebih dalam).

3. Transportasi

Dibuat dengan Sketch Up
Di bidang transportasi kita belajar mengenai lalu lintas (seperti mendesain durasi lampu lalu lintas), belajar perkerasan jalan, jalan rel, belajar geometri jalan, pelabuhan dan bandara. Selama kuliah aku senang banget sama mata kuliah bandara dan geometri jalan.

4. Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK)

Dokumentasi TA saya
Di tugas akhir saya mengerjakan spesialisasi ini, tetapi saya tidak menutup diri untuk belajar yang lain, buktinya saat ini saya bekerja di konsultan sebagai engineer struktur. Di MRK ini kita belajar mengenai ekonomi teknik, manajemen konstruksi, metode pelaksanaan konstruksi, estimasi biaya konstruksi. Waktu tugas akhir aku ngerjain apa sih? nah waktu itu aku membuat metode pelaksanaan proyek, kuantity take off, membuat penjadwalan proyek, dan melakukan estimasi biaya hingga bikin kurva S seperti di atas.

5. Sumber Daya Air
Dokumentasi Kuliah Lapangan di Bendungan Jatigede
The last, ini sumber daya air. Photo di atas adalah saat kuliah lapangan tahun 2014 lalu waktu pembangunan bendungan Jatigede, yaitu bendungan kedua terbesar di Indonesia. Di bidang air kita belajar, hidrologi, mekanika fluida, irigasi, drainase dan bangunan air, salah satunya yaitu bendungan.

Ternyata sipil itu luas banget ya? yup memang, lingkup bidang sipil itu luas banget.

Nah, selama kuliah di teknik sipil kita mempelajari 5 bidang tersebut, tetapi ketika tugas akhir kita harus memilih mengerjakan 1 bidang, karena akan menyulitkan jika harus mengerjakan banyak bidang.

Lulusan Teknik Sipil Bisa Kerja dimana?

1. Kontraktor
Bagi yang suka bekerja di lapangan dan traveling keliling Indonesia tergantung lokasi proyek nya dimana, sangat cocok bekerja di kontraktor. Bekerja di kontraktor, membuat kita lebih mengerti pelaksanaan konstruksi di lapangan itu seperti apa.

2. Konsultan 
Konsultan, cocok bagi mereka yang suka berada di depan laptop mengerjakan desain2. Kadang-kadang ada sesekali ke lapangan tapi jarang banget sih, kecuali konsultan MK gitu. 

3. Owner
Bekerja di owner juga menarik. Beberapa teman dan senior saya banyak yang bekerja di owner juga seperti pertamina, paragon, pln, krakatau steel dan lain-lain. 

4. Pemerintahan 
Teman angkatan aku banyak banget yang lulus seleksi cpns di kementrian pupr dan di kementrian keuangan juga ada. 

5. Pertambangan
Di pertambangan juga banyak loh membutuhkan lulusan teknik sipil, seperti freeport, PAMA, dan lain-lain. Dan gaji di industri pertambangan sangat menggiyurkan.

6. Perbankan

7. Akademisi dan Peneliti
Yang suka mengajar dan suka research cocok bidang ini. 

8. Pengusaha
Nah ini,banyak akhirnya lulusan teknik sipil yang memilih menjadi berwirausahaan. 

9. Penulis Buku
Salah satu contoh alumni teknik sipil ITB ada yang mejadi penulis novel best seller, salah satunya kak Aditya Mulia. Tau gak? itu yang menulis novel Jomblo, sabtu bersama bapak, mahasiswa ganteng gila, dan buku lain yang mungkin aku tidak tahu wkwk.


Baca juga:




No comments:

Post a Comment