Tuesday 6 February 2018

Kehidupan Pasca Kampus

Apa yang kamu pikirkan ketika revisi tugas akhir selesai, toga sudah di tangan, beberapa hari lagi aka di wisuda???. Saat itu saya berpikir yeay, alhamdulillah, saya bebas dan terlepas dari belenggu kuliah, saya akan tidur nyenyak tanpa gangguan dan begadang setiap malam mengerjakan tugas akhir. Saya pun dan teman2 merayakan keberhasilan ini dengan berfoto-foto prawisuda dengan background labtek kembar ITB yang sangat khas itu, melempar-lempar toga layaknya iklan susu indo*ilk dahulu kala.

Yup ternyata yang saya pikirkan tersebut benar, tetapi hanya sampai minggu pertama setelah di wisuda. Ketika saya wisuda, keluarga sayapun datang dari Sumatera, dan mereka meninggalkan sekolah dan kerja demi hari baik saya yang akan di lepas menjadi pengangguran. Arak-arakan wisuda pun tak kalah meriah, hingga hujan pun memisahkan ku berteduh di bawah sekre. Tulisan "Daripada ragu, lebih baik pulang", berada di Punggung kami yang sangat bahagia di hari menjadi wisudawan, sekaligus bersedih melepas status kami sebagai mahasiswa.

Minggu pertama pun berlalu, aku meminta waktu untuk tidak pulang ke rumah lantaran ingin menyelesaikan tanggung jawabku sebagai asisten, sekaligus mencoba peruntunganku di rantau orang. Mendaftar kerja di jobfair, psikotes, interview dan lain-lain di jalani demi sebuah masa depan. Tetapi belum berhasil, memasuki bulan kedua pun masih struggle untuk ikut seleksi beberapa BUMN. Memasuki 1.5 bulan pengangguran, tidurpun sudah mulai tidak nyenyak, orang tua pun sudah mulai meminta pulang jika blm ada pengharapan disana, dan perasaan tidak enak pun karena sudah membebani org tua sudah mulai menghantui. Akhirnya saya memutuskan, yup saya harus bekerja. Akhirnya alhamdulillah saya sangat bersyukur di terima di salah satu konsultan di Bandung, lokasinya pun tak jauh dari kosan saya yang membuat saya senang pulang pergi kerja dengan berjalan kaki. Disini saya bekerja tidak sesuai dengan bidang peminatan saya di teknik sipil (manajemen konstruksi), justru saya bekerja di bidang struktur. Yup di luar zona nyaman bukan?, tetapi justru saya mendapatkan banyak sekali ilmu struktur disini. Ya alhamdulillah saya sudah 2 bulan bekerja disini, semoga seterusnya saya tetap terus enjoy dengan apa yang saya jalani di hari berikutnya. Dengan bekerja di konsultan, saya merasakan hari-hari saya lebih produktif, ilmu saya bertambah, saya tidak lagi stress seperti 1,5 bula pengangguran lalu, ternyata saya salah, dunia pasca campus yang saya pikir akan bebas dari kesibukan, justru membuat saya merasa tidak nyaman, karena saya terbiasa memiliki kesibukan.



No comments:

Post a Comment