Monday 19 February 2018

Re-write, tanya jawab seputar perkuliahan, teknik sipil dan ITB (part 1)




Kali ini aku sengaja re-write tentang tanya jawab seputar kampus ITB, teknik sipil dan kehidupan perkuliahan, karena postingannya sudah tenggelam. Pertanyaan dan tanya jawab ini bersumber dari akun ask.fm aku di link ini ask.fm/AnnisaWisdayati (bisa di klik linknya).



1. Kak mau nanya dong, jurusan teknik sipil itu belajar apa aja? Lebih ke fisika ya kak?


Di Sipil itu belajarnya aja bisa baca di link ini ya " jurusan teknik sipil itu apa?" . Secara garis besar ilmu teknik sipil itu banyak belajar Fisikanya. Tapi nggak semua ilmu fisika, hanya yang Mekanika saja.



2. Kalau jurusan yang ada di itb, yang belajar tentang kimia tuh apa aja sih kak?


- Farmasi
- Teknik Lingkungan
- Rekayasa Infrastruktur Lingkungan
- Teknik Kimia
- Rekayasan Hayati (ini aku tidak tahu persis)

3. Kesulitan apa aja yang pernah kakak alamin selama di teknik sipil itb?

Saya ingin bilang ini sebagai tantangan sih, bukan kesulitan
- Manajemen waktu. kita harus punya waktu untuk diri sendiri, keluarga, akademik dan oraganisasi. Jadi ya harus pandai-pandai disini menetapkan porsinya. Kalau bisa kita harus bisa produktif, biar cv nya bagus.
- Materi di semester akhir di teknik sipil itu semakin menarik, tapi semakin sulit
- Kadang-kadang,  Sabtu Minggu ada dosen yang minta kuliah pengganti
- Banyak Tugas, dan kadang bikin stress, Ya tapi ini ajang kita untuk melatih diri bekerja di bawah tekanan.

4. Menurut kakak susah tidak untuk survive di FTSL?


- Menurut saya tidak susah, asalkan kita mau berusaha, dan belajar yang benar selama di kampus, insha Allah survive kok. Soalnya jika kita dapat di terima di ITB, idealnya jika kita belajarnya benar insya Allah kita akan survive kok.


5. Fisika yang ada di teknik sipil, banyak rumus-rumusnya gitu tidak kak, kayak di SMA?


Nggak kayak SMA kok. Rumus dasarnya ya materi mekanika, seperti Sigma F = 0, Sigma Momen sama dengan nol.


6. Assalamu'alaikum kak, kalau masuk ITB jurusan teknik sipil sulit tidak ya?


Waalaikum salam, jika kita mempersiapkannya diri belajar dengan baik, dan belajarnya sudah jauh-jauh hari insya Allah tidak akan sulit.


7. Dulu masuk itb lewat jalur snmptn undangan apa sbmptn ka? kalo lewat snmptn dulu rata-rata nilai rapor kakak berapa?

Alhamdulillah saya diterima lewat jalur snmptn undangan. Nilai rata-rata rapor saya sekitar 85.

8. Saya pernah denger nih kak, bener ga sih kalau orang-orang di ftsl rada nyantai gitu ga seambis di STEI/FTI? 

Banyak orang yang bilangnya sih gitu jika di nilai secara generalral, tapi menurut saya personal anak FTSL ada banyak juga anak FTSL yang ambis. Anak STEI itu ada juga yang terlihat nyantai, tapi tau-tau nilainya dewa.

9. Hal-hal menarik yang pernah kakak alamin selama di teknik sipil / pas masih TPB

Pas TPB
- Olahraga 6 keliling SARAGA
- Belajar Gambar Teknik
- Tiduran di Perpus
- Jadwal yang teratur

Pas di Sipil
1. Ospek jurusan
2. Kepanitiaan wisuda
3. Pulang dari Laboratorium Mekanika Tanah jam 12 malam
4. Menginap di kampus untuk mengerjakan tugas
5. Tugas akhir design berkelompok
6. Bersahabat dengan Nci dan Ica beserta kechaosan tugas-tugas.

10. Kak, alasan kenapa milih masuk teknik sipil. Karena passion atau apa gitu?

Saya memilih teknik sipil karena passion. Dari kecil saya memang sudah suka dan penasaran sekali tentang infrastruktur dan gedung-gedung pencakar langit. Ketika saya smp, Padang dilanda gempa, banyak gedung yang hancur dan banyak korban. Disitu mendorong saya semakin ingin tahun tentang sipil, terlintas di benak saya, bagaimana cara membangun struktur yang tahan gempa? semuanya terjawab saat saya kuliah di teknik sipil.
















2 comments:

  1. Kak, Nilai 85 dari SMA favorit kahh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di kota Pariaman termasuk SMA yang favorit, tapi kota Pariaman termasuk kota yang kecil.

      Delete