Friday 16 February 2018

Review Jalan Jalan di Air Terjun Pelangi dan Dusun Bambu

Minggu 11 Februari 2018, saya, Lili, dan Nanda pergi jalan-jalan ke Air Terjun Pelangi dan Dusun Bambu yang berada di Lembang, Jawa Barat. Perjalanan ini berawal dari keluhan Lili yang merasa bosan dengan tugas akhirnya yang tidak berprogress, kemudian dia mengajak saya berjalan-jalan. Untuk urusan jalan-jalan saya orang yang paling cepat bilang iya, karena hobi saya memang berjalan jalan dan mengunjungi tempat baru. Rasanya jika berjalan jalan hanya berdua saja saya pikir kurang menarik. Maka akhirnya saya ajaklah teman saya Nanda yang sekarang bekerja di kabupaten Bandung. Lili dan Nanda sebelumnya belum saling mengenal. Sebenarnya kita bertiga sekolah di satu SMA yang sama yaitu SMA N 1 Pariaman, saya seangkatan dengan Nanda, sedangkan Lili adalah adik kelas saya semasa SMA.

Hari itu pukul 6.00 Pagi saya terbangun dari tidur, sebenarnya saya berniat bangun pukul 5, tetapi tertidur. Setelah bangun saya membangunkan nanda, setelah nanda terbangun kita bergegas sholat subuh dan mandi. Saya teringat untuk memastikan lili apakah sudah terbangun atau tidak. Setelah saya telfon, lili baru saja terbangun. Sebelum berangkat ke tempat wisata kita sudah mempersiapkan snack dan air minum dari rumah. Karena jajan di tempat wisata harganya akan jauh lebih mahal. Sebelum berangkat kita pun sarapan agar tidak lapar di jalan.

Pukul 8.00 kami bertiga pun berangkat menggunakan kendaraan online, tarif sampai lokasi 48.000. Kendaraan online sangat membantu kita dalam melakukan perjalanan karena murah, cepat, aman, dan tidak repot untuk naik turun kendaraan umum.

8.45 kita pun sampai di destinasi pertama yaitu air terjun pelangi. Tiket masuknua 15 000/orang. Setelah membayar tiket masuk kita pun menuruni tangga yang sangat jauh di perkirakan ada sekitar 500 m hingga ke bawah. Saat menuruni tangga kita di hibur dengan pemandangan alam yang sangat asri dengan pepohonan yang hijau, dan monyet monyet lucu yang bergelantungan, dan air terjun yang deru nya membuat kita tenang. Di perjalanan menuruni tangga kita dapat menemukan spot2 foto yang bagus dan instagramable tentunya, seperti berikut ini.





Setelah sampai di bawah, kita pun kembali mencari spot foto yang bagus berlatarkan air terjun. 



Setelah puas berfoto2 di air terjun, kita pun mendaki menaiki tangga yang jumlahnya banyak. Untung paginya sarapan. Menaiki tangga sangatlah menguras energi. Di setiap boldres tangga kita pun beristirahat sambil minum air putih atau makan snack. Nah inilah gunanya kita bawa bekal, kita bisa recharge energi kita kapan aja. Selama perjalanan di tangga kita pun memikirkan destinasi berikutnya mau kemana. Kebetulan tempat wisata yg paling dekat dengan air terjun pelangi ini adalah dusun bambu. akhirnya kita cobalah cari kendaraan online ke dusun bambu, ternyata tidak ada driver yang mengambil orderan, dengan penuh kesabaran kitapun mencoba lagi, akhirnya ada. 

Jarak dari air terjun pelangi ke dusun bambu cukuplah dekat yaitu 3.3 km , jadi waktu itu tarif kendaraan onlinenya pun cukup murah hanya 8000. 15 menit perjalanan kita pun sampai di dusun bambu. Kemudian kita segera ke pembelian tiket. Tiket untuk masuk lokasi wisata dusun bambu ini 25.000, kupon tiket jangan di buang, karena dapat ditukarkan dengan 1 botol air mineral atau tanaman disana. 

Setelah membayar tiket kita pun masuk mencari spot-spot cantik untuk berfoto. Nah disana itu ada yang kayak gini. 


Sebagai anak sipil saya agak sedikit parno an sih soal struktur wkwk. karena ini saat weekend dan orang banyak banget, apalagi abis kejadian kantilevernya bursa efek indonesia yang jatoh itu membuat saya semakin hati-hati bahkan dalam desain pun. Yup, harus kita pahami bahwa material dimanapun di dunia ini pasti memiliki batas kekuatannya, itulah yang mesti kita konsider. Alhamdulillah kita berkeliling di atas jembatan tersebut aman. 

Setelah puas di satu tempat kita pun mencari tempat lain, berkeliling ke rumah2 di danau hingga ke danau. 



nah ini, sebenarnya objek ciri khas dusun bambu itu adalah ini. Soalnya di tempat wisata lain ga ada yg rumah rumah kembar di tepi danau seperti ini. Setelah puas berfoto2 disini kita pun istirahat sambil makan makan dan minum. Jam sudah menunjukan puku 12.30, kita pun melanjutkan mengeksplore dusun bambu dimana banyak taman taman bunga dan lapangan rumput luas. 



Setelah puas mengeksplore di setiap sudut tempat kita menunaikan ibadah sholat dan bersiap siap pulang. Sebelum pulang kita pun menukarkan kupon dengan air mineral. Untuk kembali pulang, kita pun memesan kendaraan online, alhamdulillah dapat driver lagi. Setelah sampai di alamat tujuan kita pun makan makan bersama. Keesokan harinya semua lutut sangat2 pegel karena penumpukan asam laktat akibat kita mendaki tinggi di air terjun pelangi kemaren.






14 comments: