Sunday 18 February 2018

Tips Mempersiapkan Diri untuk UN dan SBMPTN Sejak Dini

Buku Belajar



Kali ini saya ingin share tentang pengalaman pribadi saya selama masa sekolah SMA dan bagaimana saya mempersiapkan diri untuk SBMPTN tanpa harus les. 

Saya melihat kondisi sekarang bahwa banyak sekali anak-anak sekolah yang tidak percaya diri dengan kemampuan belajar sendiri, apa-apa semuanya les, mulai dari semester satu bahkan hingga SBMPTN. Bahkan bukan hanya satu tempat les, bahkan sampai 3 tempat les. Saya tidak dapat membayangkan lelahnya mereka bagaimana.

Kalau saya dulu nggak les sih, capek kalau pulang les udah sore aja. Trus kasian ngabisin duit orang tua. Jadi dulu saya memang orangnya suka belaja sendiri di kosan. Saya biasanya belajar malam. Pulang sekolah saya mengistirahatkan diri. Karena menurut saya, sata-saat yang enak dan konsen buat belajar itu adalah malam atau pagi dini hari, karena otak masih segar.

Nah, apa aja sih tips-tips untuk mempersiapkan diri untuk UN dan SBMPTN Sejak Dini? adalah sebagai berikut:

1. Komitmen Untuk Belajar


Komitmen yang saya maksud disini adalah komitmen pribadi terhadap diri sendiri. Saat SMA saya membuat komitmen pada diri saya yaitu membahas Soal-soal UN atau SBMPTN 5 - 10 Soal per hari. Ya sesederhana itu. Komitmen ini saya jalankan sejak kelas 2 SMA. Jika sehari saya dapat mengerjakan 10 Soal, maka selama 2 tahun saya dapat mengerjakan hingga 5000 soal. Kadang saya kerajinan banget, dalam 1 hari saya mengerjakan bahkan 20 hingga 30 soal kalau lagi semangat-semangatnya. 

2. Bahas Soal Dari Berbagai Buku Referensi


Kalau ke toko buku, rak pertama yang saya kunjungi adalah rak buku-buku UN dan SBMPTN. Saya membeli buku tersebut dari uang tabungan saya sendiri. Saya spent waktu hingga 2 jam hanya untuk obrak abrik berbagai buku dan membandingkan isi buku mana yang terbaik menurut saya, pada akhirnya saya hanya membeli 1 hingga 2 buku. Justru saya seringnya banyak mencari buku di perpustakaan, hampir saya setiap hari datang ke perpustakaan untuk memperpanjang buku-buku yang saya pinjam dikarenakan saya nggak punya banyak buku. Di perpustkaan basanya ada juga kok buku-buku soal dan pembahasannya, nah dari situ saya coba kerjakan soalnya, bahkan dari soal SNMPTN 10 tahun yang lalu.

3. Belajar Bersama Teman-teman


Biasanya saya mencatat atau menyimpan di catatan khusus jika ada soal-soal yang tidak saya mngerti. Ketika ada waktu untuk belajar bersana teman-teman, biasanya saya akan mencoba mengusulkan membahas soal ini bersama-sama. Belajar bersama teman-tema juga banyak manfaatnya, selain salah satunya berbagi wawasan, ilmu antara satu sama lainnya, karena saya tidak les biasanya saya tidak tau rumus cepat atau rumus tangkas untuk mengerjakan soal hitungan hanya 10 detik saja. Biasanya dengan belajar bersama teman-teman saya yang les, saya jadi tau rumus-rumusnya juga hehe. 

4. Membuat Bank Soal Sendiri

Saat kelas 3 SMA, di sekolah kami diwajibkan untuk membuat bank soal sendiri. Jika soal UN nya 5 paket sekalipun, kita kerjakan bahkan ke 5 paketnya. Untuk membuat bank soal sendiri, disini kita harus cermat, antara tahun sekarang dengan tahun sebelumnya belum tentu persis sama, untuk itu persiapkan soal-soal sesuai dengan kisi-kisi saja. Agar memudahkan kita untuk membaca kembali pembahasan bank soal yang kita buat caranya, buat buku khusus yang mana isinya seperti ini, 1 kisi-kisi soal dapat kita isi dengan 1 hingga 10 soal. Misalkan kisi pertama tentang Vektor, maka kumpulkan di satu bab tersebut semuanya soal vektor dari berbagai tahun. 

5. Jangan Hafalin Soal, tapi Pahami Maksud Soal dan Tools Mengerjakannya

Soal UN dan SBMPTN setiap tahunnya pasti akan berbeda dari tahun tahun sebelumnya, namun secara garis besar materinya pasti akan sama. Banyak yang salah kaprah dengan cara belajar yang sifatnya menghafal rumus, menurut saya yang penting adalah mengerti maksud rumus tersebut, jadi jikapun soalnya di putar balik pertanyaannya sekalipun tidak akan masalah. 

Sekian sharing dari saya tentang pengalaman ini, sukses selalu buat adik-adik yang sekarang lagi hecticnya mempersiapkan diri untuk UN dan SBMPTN.






5 comments:

  1. mantap tips nya kak.
    Saya sendiri sudah menulis 4 Tips Memilih PTN dalam SBMPTN semoga bisa saling melengkapi informasi

    ReplyDelete
  2. Keren saa, aku share ke adik2 bimbel ku yaa

    ReplyDelete
  3. Cara praktis ku pergi Bimbel aja sih wkwkwk
    Soalnya kalau belajar sendiri di rumah sering males

    Terus di bimbel diajarkan berbagai macam tips-tips pemecahan soal yang seru-seru / nggak kayak cara biasa. Jadinya seger aja gitu wkwk

    Plus banyak temen baru wkwk

    ReplyDelete
  4. aku ga bimbel... tapi berhasil aja tuh bg aul wkwk

    ReplyDelete