Wednesday 10 July 2019

Pengalaman Daftar S2 Teknik Sipil ITB - KK Manajemen Konstruksi

Tahun ini aku memutuskan untuk melanjutkan studi kembali, alhamdulillah ya perkuliahan S2 ini di danai oleh beasiswa LPDP, kalau biaya sendiri mah aku ga bakal lanjut S2 hehe. Uang kuliah S2 di ITB persemesternya untuk jurusan teknik, Rp. 13.500.000,- ya sangat lumayan untuk menguras kocek.

Seleksi S2 di ITB untuk semester ganjil di buka 3 periode, aku ikut seleksinya di periode 1, di buka pendaftarannya sekitar februari 2019, dan seleksi tertulis dan wawancaranya akhir april. Berkas-berkas yang di perlukan selama pendaftaran tersebut adalah:
1. Transkrip Nilai
2. Ijazah
3. Asuransi Kesehatan (BPJS misalnya)
4. TPA, score > 475
5. TOEFL, score > 475 (ITP), 78 atau 88 ya ELPT. Saranku, pakai ELPT aja karena lebih murah dibanding ITP, hanya 125.000.
6. Ya itu sih seingatku, sisanya upload dan isi data diri aja
7. Bayar biaya pendaftaran 600 ribu
8. Menulis Essay
9. Minta rekomendasi, minimal 2 rekomendasi ke dosen di univ ketika S1.

Nah setelah administrasi selesai, ya nunggu panggilan seleksi tetulis dan wawancara. Aku mengambil kelompok keahlian Manajemen Konstruksi. jadi soal-soal yang diujikanpun seputar itu. Di panggilan tes itu ada lampiran undangan seleksi sama kisi-kisi soal yang akan keluar jadi ya pelajari aja seputar itu. 

Tibalah di hari H seleksi, ujian pagi itu jam 07.00 di Prodi Teknik Sipil, ujian sejam tapi itu cukup ketat waktunya untuk menjawab pertanyaan mrk yang banyak, sebelum ujian aku sempat tuh nanya ke temanku yang sudah lulus seleksi tahun lalu, dan beruntungnya memang ada yang keluar sebagian besar. Setelah selesai ujian tulis, di lanjutkan seleksi wawancara. Karena awalan namaku "A", aku dapat giliran cukup cepat untuk wawancara. Wawancara tak begitu lama, hanya 15 menit. Ketika itu aku di wawancarai oleh Prof. Puti, dan selama wawancara suasananya cukup cair, dan tidak ditanyakan teori sama sekali. Secara garis besar yang ditanyakan sebagai berikut:
1. Identitas (asal mana, univ mana)
2. Apakah sempat bekerja? Pengalaman kerja. Karena saat itu aku sudah bekerja.
3. Alasan melanjutkan S2?
4. Kenapa memilih MRK?
5. Pembiayaan selama S2?
6. Rencana jangka panjang dalam karir
7. Apa terkendala membaca literature bahasa inggris?

Semua pertanyaan Insya Allah bisa dijawab :) . Tak seberat seleksi LPDP haha. Kalau gagal di gelombang 1 masih ada gelombang 2 juga kan wkwk. Sekiranya ada pertanyaan ataupun komentar, bisa di tulis saja di kolom komentar insya Allah saya bantu jawab sesuai pengalaman saya saat itu.




No comments:

Post a Comment