Friday 16 February 2018

Suka Duka Kuliah Di Teknik Sipil

Di postingan sebelumnya saya sudah pernah bahas tentang jurusan teknik sipil itu belajar apa aja, sekarang aku mau bahas suka dukanya belajar teknik sipil itu gimana.

Kita bahas SUKA nya dulu ya:

1. Minim Hafalan
Yup, di jurusan teknik sipil itu minim hafalan. Beberapa teman-teman saya di di jurusan teknik sipil pernah saya tanyakan, kenapa nggak kuliah kedokteran aja? hampir 100% mereka menjawab tidak suka hafalan. Jadi buat kita yang nggak suka hafalan tetapi suka hitung-hitungan ya ada kemungkinan cocok di jurusan teknik sipil.

2. Sering Kuliah Lapangan
Minimal kuliah lapangan 1x dalam 1 semester. Beberapa temanku kurang suka sih ke lapangan karena panas dan capek. Kalau aku suka banget malah, kapan lagi main-main ke luar, bosan belajar di dalam ruangan terus.

3. Lingkungannya Cuek Terhadap Fashion
Di jurusan teknik itu jarang banget sih cewek-ceweknya tampil badai kayak artis, jadi sebagai cewek biasa nggak usah minderan. Jadi meskipun pakai baju kaos, sepatu ket, biasa-biasa aja sih asal sopan.

4. Lebih Suka Pelajarannya karena Mudah kita Lihat Sehari-hari di Sekitar
Bagi aku secara subjektif aku lebih suka aja belajar pelajaran teknik sipil, lebih mudeng aja karena objeknya mudah terlihat. Seperti jalan, gedung, jembatan dll, yang memberi motivasi di saat-saat sulitnya belajar "Ah nanti bakal bisa desain ini loh, jangan malas. Kalau malas-malasan, ntar gedung yang kamu desain roboh loh wkwk". Soalnya saya pernah nyobain kan belajar C++, kok bagi aku susah banget ya memahami pemograman.

5. Udah Nggak Pernah Belajar Kimia Lagi, Listrik-listrik dan Magnet.
Semenjak masuk sipil ga pernah lagi tuh belajar listrik dan magnet. Kita lebih konsen belajaran penerapan ilmu mekanika, udah nggak mau pusing lagi sana bentuk ikatan ikatan kimia.

DUKA nya. Yang namanya hidup selain duka pasti ada dukanya dong.

1. Tugas Nya Banyak Banget
Rasanya bohong kalau bilang kuliah di teknik sipil itu nyantai. Malam minggu pun kita masih nugas. Kadang suka iri lihat jurusan lain yg nyantai di kosan atau nongkrong pulang kuliah di mall mall bareng teman teman kayak FTV. Setiap hark bawaan tas berat, bawa laptop, buku catatan, air minum, kadang bawa tabung gambar juga.

2. Jomblo
Harus diakui sih, saking sibuknya di jurusan ini, bahkan pergi kuliah pagi dan pulangnya malam, kita membuat kita tanpa sadar telah nyaman jomblo sekian tahun lamanya. Tapi untuk 1 hal ini nggak absolut sih, masih ada anak sipil yang punya pacar.

3. Ospeknya berat dan Senioritas
Di univ manapun yang namanya jurusan teknik ospeknya sering kali lebih berat dari jurusan lain. Dan konon senioritasnya tinggi, tapi bagi aku ngerasain di kampus senioritasnya minim sekali bahkan hampir ga ada sih. Soalnya kalau aku sendiri ngerasa di Sipil ITB senioritasnya makin kesini makin berkurang, justru senior2 kita yang jadi asisten banyak banget ngebantu kita memahami pelajaran dikelas yang tidak kita mengerti. Trus trend ospek nya semakin kesini semakin lebih mendidik dam udah nggak kejam kejam lagi.

foto ketika bikin tugas gambar teknik di tingkat 1


17 comments:

  1. Semua punya ke asyikan sendiri, kalau saya di kesehatan lebih sering melihat keajaiban yang diciptakan Allah SWT, subhanallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... benar begitu kok. semua punya keasyikan sendiri

      Delete
  2. ane fakultas peternakan, ngga jauh beda pengalamannya sama anak teknik.

    ReplyDelete
  3. Kayaknya elergi lapangan.. saya malah full lapangan...anak agronomi.
    Mampir buat jalan2 ya di plantersontheblog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. bukan alergi lapangan, justru suka di lapangan. Ini mah cuma cerita aja suka duka di teknik sipil gimana

      Delete
  4. Kalo yg ga jago gambar kira2 kesusahan ga nanti pas lg ada tugas2 gt? Soalnya pengen bangwt masuk sipil tp ga terlalu jago gambar. Gmn yaa ga ada imajinasi gt lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti biasanya gambar manual atau pake pensil itu cuma di semester 1, sisanya pake laptop aplikasi autocad

      Delete
  5. Di teknik sipil, apakah lulusan smk lebih jago dibanding lulusan SMA ?

    ReplyDelete
  6. *lagi makan malem bareng keluarga
    (Ortu) : dek, kamu jurusan teknik sipil kan?
    (Gue yang masih maba) : iya
    (Ortu) : daripada diem aja dirumah, mending benerin tuh genteng bocor, buat kursi, buat tempat tidur, bikin rumah, rancang interior, nguli bangunan,jadi mandor...
    (Gue) : Siap!!!! :')

    ReplyDelete
  7. Cewe jurusan teknik sipil kerjanya lulus apa y?

    ReplyDelete