Thursday 24 October 2019

Estimasi Biaya dan Penawaran

1. Proses Pelelangan
(Prakualifikasi) adalah proses penilaian kompetensi dan kemampuan usaha serta pemenuhan persyaratan tertentu Iainnya dari penyedia barang/jasa yang dilakukan sebelum memasukkan penawaran.
Undangan Mengikuti Pelelangan
Mengambil Dokumen Pelelangan adalah seperangkat dokumen yang berisi informasi dan petunjuk tentang ketentuan atau peraturan dalam penyelenggaraan pelelangan supaya para pihak yang terkait saling mengetahui, memahami dan mematuhi pelaksanaan pelelangan dengan baik, serta mengetahui hak atau kewajiban dalam pelaksanaan kontrak.
- Petunjuk Penawaran
- Syarat Umum (dan Syarat Khusus) Kontrak
- Spesifikasi Teknis adalah suatu uraian atau ketentuan-ketentuan yang disusun secara lengkap dan jelas mengenai suatu barang, metode atau hasil akhir pekerjaan yang dapat dibeli, dibangun atau dikembangkan oleh pihak lain sedemikian sehingga dapat memenuhi keinginan semua pihak yang terkait.
- Gambar-gambar Konstruksi
Pemahaman akan gambar konstruksi sangat penting agar dapat membuat membuat metode yang tepat dan mempunyai pengaruh pada biaya penawaran pekerjaan.
- (Daftar Kuantitas Pekerjaan)
Mengikuti Penjelasan, pada tahap ini, seluruh peserta yang diundang diberi penjelasan secara terbuka tentang proyek yang ditenderkan, cara penilaian, serta persyaratan legal dan teknisnya. Untuk bisa masuk ke tahap berikutnya, perusahaan yang baru diundang harus bisa memenuhi syarat legalnya, antara lain kopi akte notaris, NPWP, laporan pajak, laporan keuangan 3 tahun terakhir, dan sebagainya.
Peninjauan Lapangan, siapkan peralatan-peralatan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Setelah itu buat sketsa dan data-data seperti denah lapangan, cek ketinggian dan lain-lain. Pada saat peninjauan lapangan sangat penting untuk melihat apakah gambar rencana sudah sesuai dengan kondisi dilapangan.
Menyusun Penawaran
Penyerahan Penawaran
Pembukaan Lelang
Penunjukan Pemenang
Penandatanganan Kontrak
Pelaksanaan Pekerjaan
2. Peninjauan Lapangan
Persiapan alat2 utk peninjauan lapangan
Sketsa Lapangan dan Catatan:
- Sketsa Lapangan
- Cek Semua Denah Lapangan
- Cek Ketinggian
- Catatan Lapangan
- Informasi Tambahan
- Pengecekan Terakhir
3. Memahami Gambar-gambar Konstruksi
Membuat estimasi yang tepat
Pengukuran lapangan (setting out)
Pelaksanaan Konstruksi
4. Memahami Spesifikasi dan Syarat Umum Kontrak
Spesifikasi merupakan dokumen kontrak dibuat oleh konsultan yang terdiri atas : Gambar, Volume pekerjaan, spesifikasi persyaratan kontrak
Persyaratan Kontrak sebaiknya menggunakan kontrak standar agar dapat dipahami oleh kedua belah pihak, sudah melalui proses penyempurnaan, teruji secara hukum. Apabila mau dibuat baru akan lebih memakan waktu dan lebih mahal.
5. Kuantitas Pekerjaan
Kuantitas/volume pekerjaan berdasar estimasi owner/konsultan merupakan volume pekerjaan yang terdapat dalam daftar volume pelelangan (BoQ) sebagai dasar pembayaran kontraktor (digunakan dalam estimasi harga oleh konsultan)
Kuantitas pekerjaan berdasar estimasi kontraktor merupakan volume yang menggambarkan pekerjaan sesungguhnya yang harus diperhitungkan oleh kontraktor
Terdapat perbedaan besar antara volume pekerjaan dalam BoQ dengan voulme pekerjaan estimasi kontraktor
Pekerjaan general item: pembersihan lapangan, pemagaran, pekerjaan taman, pembersihan lapangan dll.
6. Estimasi Biaya terdiri dari
Biaya Langsung adalah semua biaya yang terkait dengan suatu kegiatan konstruksi yang spesifik yang dilaksanakan di lapangan seperti bahan, tenaga kerja, biaya transportasi.
Biaya Tak Langsung adalah biaya yang tidak berhubungan secara langsung dengan suatu kegiatan ptoyek yang spesifik tetapi diperlukan untuk penyelesaian proyek. Biaya BTL dapat ditutup dari beberapa proyek yang ditangani perushaan dalam satu tahun. Contoh biaya tidak langsung: biaya persiapan, biaya alokasi resiko, biaya-biaya perusahaan.
7. Harga Penawaran

No comments:

Post a Comment