Saturday 2 November 2019

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Untuk berinvestasi dalam jangka waktu menengah, diatas 2 tahun hingga 15 tahun, Emas merupakan salah satu investasi yang paling baik dan tidak perlu ribet mempelajarinya. Investasi emas dapat membantu dalam melawan inflasi, karena nilainya selalu naik setiap tahun. Kenapa investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek, misalnya saja hanya 6 bulan, karena ada perbedaan harga ketika membeli emas dan menjualnya (buy back), ketika kita menjual kembali harganya lebih rendah ketimbang harga beli pada saat itu, jadi agar investasi dalam bentuk emas memberikan keuntungan, minimal harga buybacknya sudah mencapai harga beli perlu sekitar 2 tahun. Ada 2 cara untuk berinvestasi emas:

1. Beli emas Logam Mulia - batangan

Di butik Antam, anda dapat membelinya minimal kepingan 0,5 gram.  hingga ratusan gram.

Kelebihannya:

a. memiliki wujud fisik emas tersebut
b. Mudah di wariskan atau di pindah tangan
c. Rasa memiliki lebih tinggi

Kekurangan: 
a. ada rasa was-was jika menyimpannya dalam jumlah yang banyak.
b. rawan di curi dan sebagainya.

2. Tabungan Emas

Salah satu cara untuk menabung emas dapat dilakukan di cabang pengadaian. Layaknya tabungan biasa diberikan buku tabungan juga, anda dapat membeli emas secara online dan memantau harganya setiap hari di aplikasi, tidak ada pajak atau bunga seperti bank pada umumnya insya Allah bukan riba. Jangan khawatir, Pengadaian merupakan BUMN dan sudah tersertifikasi OJK, jadi insya Allah aman.

Kelebihannya:
a. Dapat membeli emas semampu yang di bisa, mulai dari 0,01 gram. Misal anda hanya memiliki uang 50 K anda tetap bisa menabungnya, hanya saja kalau terlalu sedikit tekor di biaya admin transfer Rp. 2500. 
b. Tidak ada rasa was-was karena tidak perlu menyimpannya sendiri, cukup hanya membayar administrasi Rp. 30.000 pertahun, dan kalau di konversi hanya Rp 2.500 perbulan dan ini tentunya lebih murah ketimbang menggunakan rekening bank biasa yang minimal potongan Rp 5.000 perbulan.
c. Sifatnya liquid seperti emas batangan biasa yang dapat di jual saat di butuhkan.

Kekurangan:
a. tidak pegang emasnya, jadi rasa memilikinya kurang.

No comments:

Post a Comment