Friday 19 February 2021

Mengenali Diri

Sebelum loncat pada tahap mencinta diri sendiri, maka terlebih dahulu mengenali diri sendiri. Pada kenyataannya mencintai orang lain tanpa mengenali diri sendiri adalah suatu tindakan yang fatal. Kamu tidak akan bahagia mencintai orang lain, sementara kamu belum mengenali dirimu terlebih dahulu. Karena kamu akan mengharapkan supply kebahagiaan dari orang lain, apalagi dari pasangan.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengenal diri sendiri? yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hidup, dan menjawab pertanyaan yang relate dengan diri.

Sebenarnya banyak pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ingin aku jawab.

Tujuan Hidup: -----. Untuk saat ini aku belum bisa melengkapi 1 kata itu menjadi kalimat yang utuh, karena aku masih dalam pencarian jati diri. Rasanya aku juga tidak ingin muluk-muluk untuk memaksakan tujuan hidup. Tapi tujuan hidup manusia sebenarnya sudah tertulis di Al Quran yaitu menjadi khalifah di muka bumi. Setidaknya hal minimal yang mesti kulakukan adlaah menjadi khalifah untuk diriku sendiri.

Pertanyaan yang saat ini yang bisa aku jawab adalah apa yang aku inginkan dalam hidup.

a. Kehidupan yang stabil: karir yang stabil, atau usaha yang stabil, stabil secara emosional

b. Berkeluarga di kondisi aku siap melepas masa lajang.

c. Kuliah S2 ku selesai. 

Dulu mungkin aku punya time frame sendiri dalam menggapai tujuan hidup, tapi saat ini aku merasa Allahlah yang lebih tau diriku dibandingkan diriku sendiri. 

Ya Allah, bantulah hambamu ini dalam menjalani kehidupan. Tanpa petunjukmu, aku hanya akan menjadi manusia yang penuh kebimbangan.


No comments:

Post a Comment