Jumat, 26 Mei 2017

PADANG DAN PESANTREN RAMADHAN

Assalamu'alaikum waramatullahi wabarakatuh.
Yeay akhirnya besok kita akan memasuki bulan suci ramadhan... 
Saatnya bulan penuh kebaikan ini kita manfaatkan untuk beribadah, menata hati, dan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti menulis misalnya.
Sedikit bernostalgia tentang bulan ramadhan, saya akan sedikit bercerita tentang ramdhan di kampung saya, yaitu di Sumatera Barat. 

Sumatera Barat salah satu provinsi yang memiliki penduduk muslim terbanyak di Indonesia, bagaimana cerita ramadhan di sumbar? yuk simak pada postingan cerita Annisa berikut ini.

Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai kehidupan pesantren Ramadhan di Sumbar, khususnya di kota Padang. Apa itu pesantren ramadhan? pesantren ramadhan kadang di sebut juga sebagai pesantren kilat, karna memang durasinya sebentar yaitu hanya selama bulan ramadhan. Di Sumbar khususnya di kota Padang mengikuti pesantren ramadhan menjadi rutinitas yang penting sekali untuk di ikuti, kegiatan belajar mengajar di sekolah selama ramadhan di tiadakan tetapi semua siswa dari sd sampai sma akan belajar agama di Masjid. Setiap akan memasuki bulan ramadhan, setiap siswa akan di berikan buku agenda, yang harus diisi dengan materi pesantren dan ceramah tarawih. 

Apa aja kegiatan pesantren ramadhan??

Baik saya sedikit bercerita mengenai aktivitas saya di pesantren ramadhan, sebenarnya saya bersekolah di SMA 1 Pariaman, 60 km dari kota Padang. Tetapi kedua orang tua saya tinggal di Padang. Sebenarnya daerah Pariaman juga mengadakan pesantren ramadhan, tapi tidak wajib, tetapi saya justru tidak mengikuti pesantren ramadhan di Pariaman, saya lebih memilih di Padang. Alasannya karena saya memang ingin berkumpul dengan ayah dan ibu, selain itu durasi dan program pesantren di kota Padang lebih lama dan lebih saya sukai.

Kegiatan selama pesantren ramadhan antara lain:
1. Sholat shubuh berjamaah di masjid dan kultum
Usai sahur kami (Saya dan Adik) bergegas bersiap-siap berwudhu, memakai baju muslim alias baju koko ke Masjid tempat dimana kita mendaftar pesantren. Disana kita akan sholat shubuh berjamaah, dan kehadiran, perilaku dan akhlak kita di nilai oleh guru-guru di Pesantren. Perlu di ketahui untuk sekolah-sekolah di kota Padang, di rapor mereka ada 1 Slot nilai khusus untuk peantren ramadhan, dan nilai ini biasanya sangat membantu untuk meningkatkan rata-rata rapor. Karena saya sekolah di Pariaman, tidak ada slot nilai untuk pesantren ramadhan, tetapi saya tetap bersemangat ikut pesantren ini. Setelah sholat shubuh berjamaah, maka akan ada namanya Kultum Subuh (tetapi durasinya lebih dari 7 menit, sejam an). Acara kultum ini biasanya akan ada penampilan dari setiap tingkat pendidikan yang biasanya memiliki giliran yang tampil, misal hari ini yang tampil tingkat SD, esoknya tingkat SMP, dan seterusnya. Apa saja yang di tampilkan? biasanya yang di tampilkan pembacaan al-quran dan tilawah, kemudian pidato, Zikir Asmaul Husna, dan sebagainya. 
Biasanya aku selalu ikut berpartisipasi dalam kultu subuh ini, seperti berpiadato dan mmbaca tilawah Al-Quran.

2. Kelas pesantren
Pada kelas pesantren jam masuk akan di bedakan setiap tingkat. Misal SMP dan SMA akan beda jam masuknya. Misalnya untuk SMA biasanya masuk saat akan sholat zuhur, aktivitas kita adalah sholat  zuhur berjamaah dahulu, setelah itu akan ada penyampaian materi pesantren. Setelah setelah penyampaian materi, maka akan ada sesi penyetoran Surat dan beserta artinya, Jadi saat pesantren setiap tingkat memiki kewajiban menyetor hafalan surat khususnya juz Ama dan hadist sahih, penyetoran boleh di lakukan selama kegiatan pesantren, penyetorannya bukan hanya bacaan ayat saja tetapi juga beserta arti dan harus lancar serta betul tanda bacaannya, kalau misalnya belum kita bisa setor lagi esok harinya. Apakah membebani? rasanya tidak sama sekali, saat kita berjuang menghafal al-quran Allah akan beri kita kemudahan dalam memahami dan menghafalkannya, itu sering sekali saya rasakan. 

3. Sholat Isya dan Tarawih berjamaah
Malamnya, kegiatan santri adalah sholat tarawih berjamaah di masjid, setelah sholat isya sebelum tarawih akan ada penyampaian ceramah-ceramah dari ustadh, dan kita di wajibkan mendengarkan dengan seksama dan membuat ringkasan. Setelah selesai ceramah, maka para santri diwajibkan sholat sunnah tarwih dan witir berjamaah, rangkuman agenda ramadhan yang dibuat akan di kumpulkan ke ustad untuk di tanda tangani dan di beri stempel. Di hari pertama masuk sekolah nanti agenda ramadhan ini akan di kumpulkan kepada Wali Kelas.

4. Ujian Tulis dan Praktek
Di hari akhir acara pesantren maka akan ada ujian praktek seperti, praktek sholat dan bacaan, praktek sholat jenazah, praktek zikir, dan lain-lain. Juga akan ada ujian tulis.

5. Malam Muhasabah
Di malam terakhir pesantren akan ada namanya malam muhasabah, setiap orang tua dari santri diundang datang ke acara ini untuk menyaksikan bersama-sama malam muhasabah. Di malam itu akan ada pemateri muhasabah yang memberikan ceramah yang membuat kita membayangkan dosa-dosa kita, membayangkan pengorbanan orang tua, dan membayang kan sisa kubur, yah intinya kita diajak merenungi diri, yang di akhir sesi membuat para santri bahkan orang tua santri terisak-isak menangis, salah satunya adikku. Sebelum acara muhasabah di mulai, akan ada pengumuman siapa para juara tingkat (sd, smp, sma) dari pesantren ramadhan ini dan biasanya akan di beri hadiah yang lumayan. Haha.

Bagaiamana dengan Siswa Non muslim?
Bagi siswa nonmuslim, mereka akan melakukan kegiatan ibadah di gereja, tidak mengikuti pesantren ramadhan, dan mereka akan mendapatkan penilaian dari gereja.

Bagaiamana dengan siswa perempuan yang berhalangan?
Mereka akan tetap mengikuti pesantren ramadhan tetapi, tidak dibolehkan sholat. 

Yah walau terkadang banyak santri yang merasa terpaksa mengikuti kegiatan pesantren ramadhan ini, tapi meskipun awalnya terpaksa setidaknya sedikit demi sedikit itu akan berdampak baik bagi kita, misalnya yang biasanya sholat sering tinggal, jadi bisa sholat lebih tepat waktu secara berjamaah di Masjid. Banyak sekali manfaat dari pesantren ramadhan ini bagi saya pribadi, membuat waktu libur dan hari-hari ramadhan yang saya lalui selama SMA menjadi bermanfaat dan penuh ibadah.

Mungkin sekian dulu dari saya, Assalamu'alaikum.

*#RamadhanInspiratif*
*#Challenge*
*#Aksara*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar