Wednesday 31 May 2017

Memasak adalah salah satu cara berhemat

Cara pandang setiap orang berbeda beda mengenai hidup, ada yang memilih hidup hemat, praktis, dan sebagainya.

Ada hal yang salah mengenai presepsi seseorang tentang kata hemat. Orang sering kali mengartikannya hemat = pelit. Itu sakah besar. Menurut presepsi saya hemat adalah mengoptimalkan manfaat, dan meminimalkan biaya. Hal ini berlaku juga untuk seorang engineer, seorang engineer yg ideal adalah mengoptimalkan desain dan menghemat biaya, tanpa mengabaikan keamanan...

Tak usah jauh2 tentang desain, hal sederhana juga terdapat dalam kehidupan sehari hari. Seperti dosen beton saya katakan orang malas pasti boros. Itu benar. Contoh simple adalah memasak, memasak tentunya lebih murah di banding dengan beli instan. Jika saya memasak pengeluaran saya untuk makan sehari2 takkan lebih dari dari 15 ribu, itu sudah termasuk minum susu dang sebagainya... kalau saya tak memasak pengeluaran bisa sampai lebih 50.000 dalam sehari. 50.000 dalam sehari, bagi orang tua saya itu sudah biaya makan 1 hari bahkan bisa nyisa sedikit kenapa??? Karena ibu saya memasak. 50.000 dalam sehari itu untuk 4 orang makan dengan porsi yg banyak.

Semester 6, 7 saya sering kali belanja karena saya sibuk kuliah hingga sore dan sbgainya, selain itu kosan lama tidak menyediakan dapur. Tapi semester 8 waktu luang saya banyak, alangkah baiknya saya memasak bukan?? Dan selain itu lokasi kosan tak jauh dari pasar. 

*#RamadhanInspiratif*
*#Challenge*
*#Aksara*

No comments:

Post a Comment