Thursday 15 February 2018

Bisakah Mendapatkan Uang dengan Menulis atau Nge blog?




Bisakah Mendapatkan Uang dengan Menulis atau Nge blog?

"Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama, maka menulislah".

saya mengangguk-ngangguk saja dengan kata kata pamungkas imam al Ghazali.

Bagaimana jika kata2 ini kita sesuaikan dengan kondisi sekarang.

"Jika kau bukan anak pejabat, juga bukan anak pengusaha sukses, maka menulislah"...


Kata-kata inilah yang membuat saya semakin termotivasi untuk menulis. Saya bukan penulis profesional. Saya hanya seorang penulis di sebuah blog ecek-ecek saya. Saya tidak pernah berpikir jauh tentang tulisan saya. Ya saya menulis apapun ide dan pikiran yang berkeliaran di kepala saya. Begitulah cara membuatnya sederhana.

Yup. Kenapa kita terkadang enggan menulis? karena kita menganggap menulis itu sulit. sulit memunculkan ide untuk di tulis.

Hei!!, menulis itu akan menjadi sederhana jika kita tidak memperumitnya. Mulailah dengan cerita cerita sederhana. Menulis itu tentang membiasakan.

Apakah menulis bisa menghasilkan uang? yup tentu saja. Tetapi, menurutku jangan targetkan menulis itu untuk menghasilkan uang, jadikan tujuan tersebut sebagai bonus, agar kita tidak merasa bahwa menulis itu adalah beban.

Tujuan saya menulis itu untuk memperpanjang umur. Jika umur jasad saya 60 tahun, mungkin umur tulisan saya bisa ratusan tahun, itulah pandangan saya.

Bagaimana caranya agar tulisan menghasilkan uang???

1. Lewat Iklan di blog

2. Menulis Buku

3. Menulis artikel di koran

Tapi disini untuk membuat blog dapat menghasilkan uang memang dibutuhkan kesabaran untuk merawat dan mengisi nya seriap minggu. Tetapi blog yang telah sukses suatu hari nanti dapat kita jadikan sebagai pasive income di hari tua. Tetapi sebagai pemula jangan terlalu berharap blog akan memberikan penghasilan yang besar. Di bawa enjoy saja, jangan terlalu di harapkan.

3 comments:

  1. Semangat Annisa, menjadi seorang penulis atau blogger adalah hal yang sangat luar biasa menurut saya prbadi, karena tak banyak orang yang bisa menulis artikel, atau buku. Menjadi penulis atau blogger adalah ciri orang yang cerdas.
    Saya sendiri kenal dunia Blogging sejak tahun 2014, dan Alhamdullilah sekrang saya sudah menikmati penghasilan dari blogging, memang tak mudah, perlu kesabaran, ketekunan dalam belajar.

    Tetap semangat dan terus belajar, kejar impian, semoga di hari tua bisa menikmati pasive income dari dunia IM.

    ReplyDelete
  2. Saya juga sedang berada dalam tahap nyari tambahan via blog..

    ReplyDelete